Kamis, 12 Oktober 2017 18:05

Sekolah di Bengkalis Tentukan Sendiri Kebijakan Full Day School

Sekolah di Bengkalis mulai mengacu Peraturan Presiden tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Sekolah menentukan kebijakan sendiri untuk full day school.

Riauterkini-BENGKALIS- Sekolah Menengah Pertama (SMP) menentukan sendiri kebijakan full day school di lingkungan sekolah. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis tidak lagi mewajibkan SMP di Kabupaten Bengkalis untuk melaksanakan program lima hari sekolah ini. Menyusul telah diterbitkannya, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 84/2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Dalam Perpres tersebut dalam Pasal 9 Ayat 3 menerangkan pemerintah memberikan kepada sekolah untuk menentukan sendiri memakai lima hari sekolah atau enam hari sekolah. Sehingga kewajiban penerapan full day school diterapkan Disdik Bengkalis dibatalkan. Namun khusus SMP di memang mampu sesuai kriteria pada Perpres penguatan pendidikan karakter tetap menerapkan program tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pendidikan SMP Disdik Kabupaten Bengkalis Mukhtar Sayuti kepada sejumlah wartawan, Kamis (12/10/17).

Menurut Mukhtar, setidaknya dalam Perpres ini ada empat kriteria bagi sekolah yang bisa menerapkan lima hari sekolah. Diantaranya, kecukupan tenaga pengajar, dukungan dari kearifan budaya lokal, kecukupan sarana dan prasarana serta pendapat tokoh masyarakat yang mendukung.

“Terkait penguatan pendidikan berkarakter ini sekolah yang tidak mampu menerapkannya full day school melaporkan ke Disdik. Kita minta itu, kalau tidak mampu menerapkan tentu dengan alasan belum memenuhi kriteria," terang Mukhtar.***(dik)



BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang