Kamis, 12 Oktober 2017 09:55

Setahun Dipersip Kuansing, Mulai Memberi Banyak Manfaat di Usia Muda

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kuansing baru berusia setahun, tapi mulai banyak manfaat yang diberikan untuk kemajuan daerah.

Riauterkini-TELUK KUANTAN- Tidak terasa keberadaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dipersip) Kabupaten Kuansing hampir mencapai usia setahun, tepatnya lahir pada 27 Januari 2017 lalu. Meski belum genap setahun, berbagai capaian program telah di hasilkan dinas yang di pimpin, Azhar Ali.

Pada bidang Kearsipan misalnya, pihaknya melalui peran Kepala Seksi yang ada telah berhasil mengumpulkan berbagai arsip sejarah. Mulai dari dokumen berdirinya kabupaten Kuansing, berupa notulen rapat Musyawarah Besar Masyarakat Rantau Kuantan, foto kegiatan hingga dokumen perjuangan para tokoh pendiri Kuansing hingga ke Jakarta.

Hal ini dikumpulkan melalui temu ramah dengan para Tokoh seperti Prof.Dr.H Suwardi, Mardianto Manan , Drs.H Hasanusi, serta berbagai sumber lainnya.

"Alhamdulillah Arsip sejarah berdirinya Kabupaten Kuansing sudah bisa kita kumpulkan, walau belum sepenuhnya terkumpul, "ujar Azhar saat ditemui riauterkinicom di sela sela perayaan HUT Kuansing ke-18, hari ini, Kamis (12/10/17).

Selain hal itu, dokumentasi para tokoh penting sejak Kuansing berdiri seperti bupati, wakil bupati hingga para Ketua DPRD Kuansing juga sudah berhasil dihimpun oleh pihaknya.

Bahkan yang membanggakan, kata azhar, foto para tokoh sejak Kuansing berada di bawah Kerajaan Inderagiri juga berhasil di himpun. Saat ini sesuai dengan Tupoksinya, bidang Kearsipan tengah fokus mengumpulkan arsip baik statis, dinamis hingga pelaksanaan Akuisisi arsip dari OPD dan Kecamatan se-Kuansing tengah dijajaki dan dihimpun.

"Insyaallah hingga akhir tahun ini, diharapkan minimal 50 persen Arsip yang ada pada Dinas atau OPD dilingkungan Pemkab Kuansing akan kita garap secara optimal," terangnya.

Optimalisasi Layanan Perpustakaan.

Sementara di bidang Perpustakaan dijelaskan Azhar, pihaknya hanya fokus pada peningkatan pelayanan, baik di perpustakaan daerah, maupun perpustakaan keliling.

Untuk pembinaan kelembagaan baik perpustakaan maupun kearsipan, pihaknya sudah dipercaya menjadi tuan rumah Rakor Perpustakaan dan Kearsipan se- Provinsi Riau , yang dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rahman dan Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, jelas Azhar.

Sedangkan untuk meningkatkan optimalisasi dan peningkatan minat baca, pihaknya telah mengoperasikan layanan Perpustakaan Keliling.

"Mobil unit perpustakaan keliling kira fungsikan, sesuai kebutuhan dan situasional. berbagai momen kegiatan, kita selingi dengan pelayanan perpustakaan keliling seperti pacu jalur, serta kegiatan berskala besar lainnya," kata Azhar.

Dirinya berharap, usaha yang sudah ada mendapatkan tempat di hati masyarakat,dan mendapatkan support dari semua pihak, sehingga hadirnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, benar benar memberikan andil besar untuk kemajuan Kuansing. ***(dri/Adv)



BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang