Selasa, 12 September 2017 16:13

Wakil Rakyat Sebut Riau Kekurangan 30 KPH

Komisi II DPRD Riau sebutkan adanya kekurangan 30 KPH untuk hutan lindung atau produksi di Riau> Saat ini baru ada dua KPH dan Pemprov diminta segera membentuk baru.

Riauterkini-PEKANBARU- Komisi II DPRD Riau anggap, jumlah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), baik untuk hutan lindung atau produksi di Riau masih kurang. Saat ini, jumlah KPH hanya 2, sementara Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 mengamanahkan sebanyak 32 KPH di masing-masing provinsi.

"Kita baru punya dua KPH, KPH Siak besar dan KPH Tahura Siak. Sementara Undang-undang mengamanahkan 32, jelas masih banyak kurangnya," kata Mansyur, Sekretaris Komisi II kepada riauterkinicom, Selasa (12/09/17).

Untuk itu, ia terus mendorong pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk segera membentuk KPH-KPH di kabupaten/kota yang ada. KPH yang dibentuk nantinya bisa seperti UPTD maupun lainnya.

"Anggaran pusat kalau tidak salah saya ada untuk KPH. Di Yogyakarta, jumlah KPH nya sudah sesuai Undang-undang, KPH ini nantinya bisa di bawah Dinas Kehutanan dan LHK Provinsi Riau," jelas politisi PKS ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyak manfaat dari adanya KPH tersebut. Salah satunya, memastikan siapa dari pemilik sebuah kawasan yang jika terjadi kebakaran hutan dan lahan serta berbagai manfaat lainnya.

"Selaku anggota dewan yang membidangi kehutanan, tentu kita akan terus mendorong pembentukan KPH-KPH," tutupnya. ***(ary)



BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2014 - Memantau Riau Detik Perdetik - Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang