Sabtu, 12 Agustus 2017 17:20

Bupati Inhil Buka Festival Menongkah Heritage di Pantai Bidari Tanah Merah

Bupati Inhil membuka Festival Menongkah Heritage di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah. Kegiatan ini sangat unik dan hanya terdapat di daerah itu.

Riauterkini-TANAH MERAH-Bupati Kabupaten Indragiri Hilir H Muhammad Wardan membuka Festival Menongkah Heritage di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (12/8/17).

Festival tahunan ini dihadiri pejabat Dinas Pariwisata Herman, Sekda Inhil H Said Syarifuddin, Disporapudbar Junaidi, Waka Polres Inhil KOMPOL H Azwar, unsur Forkopimda, unsur Forkopimcam dan Kepala Desa se Kecamatan Tanah Merah.

"Kegiatan Menongkah ini sangat unik dan menarik, karena hanya ada di Pantai Bidari Desa Tanjung Pasir," ungkap Bupati Inhil Wardan.

Namun Wardan menyayangkan dari sisi jumlah pengunjung yang tidak seramai saat pelaksanaan Festival Menongkah tahun lalu. Padahal, ini merupakan ikon wisata Inhil dan juga Provinsi Riau.

"Saya minta tarian Menongkah juga dilestarikan dan dikemas lebih, kalau bisa lebih digaungkan ke dunia internasional. Sehingga warga di luar Inhil menjadi tahu seperti apa kegiatan Menongkah itu," katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporabudpar) Inhil Junaidi mengakui penurunan jumlah pengunjung dikarenakan iven ini dilaksanakan tidak pada hari libur sekolah, seperti tahun lalu.

"Namun pelaksanaan tahun ini lebih sukses dari sisi pelaksanaannya yang didukung kondisi air laut. Maka, kedepan kami akan kemas lebih baik lagi," sebutnya.

Sedangkan Kepala Desa Tanjung Pasir Sarpan Firmansyah menjelaskan, Pantai Bidari memiliki luas sekitar 70 hektar dan merupakan habibat berkembang biaknya kerang.

"Dengan ketebalan hamparan kerang sekira 46 sampai 146 centimeter. Ini merupakan ladang pencaharian kami," katanya. Menongkah merupakan suatu kegiatan mencari kerang diatas hamparan lumpur dengan menggunakan selembar papan yang digerakkan dengan dorongan kaki.

Dalam kesempatan ini, Bupati Wardan dan beberapa pejabat lainnya turun ke hamparan lumpur untuk merasakan aktifitas Menongkah dan juga melakukan penebaran beni kerang di lokasi tersebut.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Festival Menongkah Heritage ini, selain menampilkan aktraksi Menongkah, juga digelar Lomba Merapah (berjalan diatas lumpur), Lomba Lompat Lumpur, Fenomena Sampan Kajang, permainan titian lumpur dan peragaan aktivitas kesenian masyarakat Duanu.***(adv/diskominfo/mar).


BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang