Senin, 17 Juli 2017 12:24

Kaum Urban Kian Banyak, Disdukcapil Cemaskan Pengangguran di Pekanbaru Meningkat

Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil menemukan data melonjaknya mendatang dari perkampungan. Fakta ini bisa memicu meningkatnya pengangguran di Pekanbaru.

Riauterkini - PEKANBARU - Arus urbanisasi pasca lebaran kemarin ke Kota Pekanbaru tidak bisa dielakkan. Sudah menjadi kebiasaan, setiap habis lebaran, banyak warga dari kampung yang datang untuk mencari kerja ke Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau. Meski belum ada data pasti yang masuk ke Dinas Adminstrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, namun pihak Disdukcapil mengklaim terjadi peningkatan.

"Pasti ada peningkatan pendatang setalah lebaran ini, tapi berapa angka pastinya kita belum dapat, datanya belum masuk ke kita. Apalagi para pendatang ini kan tidak semuanya yang melapor ke RT dan RW setempat," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Baharuddin, (17/7/17).

Pihaknya menghimbau agar seluruh pendatang yang masuk ke Pekanbaru tertib administrasi. Jika ingin menetap dalam waktu yang lama, maka bisa mengurus surat pindah domisili. Namun jika hanya sementara disarankan untuk melapor ke RT dan RW setempat. Sehingga bisa terdata dan jika terjadi sesuatu dapat lebih mudah diketahui.

"Kami yakin beberapa pendatang ada yang tak tertib adminstrasi. Meraka tidak mau lapor dan tidak mengurus identitas kependudukanya," ujarnya.

Agar seluruh pendatang dari luar kota yang masuk ke Pekanbaru tertib dalam administrasi, maka pihaknya akan segera menggelar razia KTP. Sama seperti razia-razia sebelumnya, razia ini nantinya juga akan menggandeng Satpol PP dan Dinas Perhubungan serta pihak kepolisian.

"Untuk itu kami bersama Satpol PP dan pihak kepolisian akan giat menggelar razia adminstrasi penduduk. Namun untuk waktu dan tempat bisa saja dilakukan kapan dan dimana saja," katanya.

Seperti lebaran tahun sebelumnya, lanjut Baharuddin, jumlah penduduk Pekanbaru akan meningkat pasca Lebaran Idul Fitri. Namun dalam prakteknya dilapangan ada pendatang yang tertib adminstrasi dan melapor ke RT/RW setempat dan ada yang tidak.

"Pemko tak menghalangi para pendatang ke Pekanbaru. Yang penting tujuannya jelas dan punya skill. Jangan sampai menambah jumlah pengangguran di Kota Pekanbaru atau berbuat kriminal," katanya. ***(dan)



BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2014 - Memantau Riau Detik Perdetik - Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang