Jum’at, 19 Mei 2017 15:40

Pantau Harga 3 Jenis Komoditi Pangan,
KPPU Sidak ke Ritel Modern & Gudang Distributor

KPPU antor Perwakilan Batam dan Satgas Pangan lakukan Sidak ke sejumlah ritel modern dan gudang distributor. Sidak bertujuan memantau harga daging beku, gula pasir dan minyak goreng.

Riauterkini-PEKANBARU-Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Batam dan Satgas Pangan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah ritel modern, tempat perbelanjaan modern dan gudang distributor sembako di Pekanbaru, Jumat (19/5/17) sidak.

Sidak tersebut untuk memantau harga 3 jenis komoditi pangan, yakni daging beku, gula pasir dan minyak goreng.

Sidak pertama dilakukan di pusat perbelanjaan modern Giant, Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru. Dari tempat ini petugas KPPU Wilayah Batam (yang membawahi Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Bangka Belitung) mengecek harga eceran tertinggi yang diperbolehkan pemerintah sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dilanjutkan dengan tele conference Kapolri dengan seluruh Kapolda dan dibentuknya Satgas Pangan.

Lukman Sungkar, Kepala KPPU Kantor Perwakilan Daerah Batam kepada wartawan menyebutkan, sidak itu dimaksudkan untuk memantau harga 3 komoditas pangan tertentu tadi.

"Jangan sampai ada ritel modern seperti supermarket yang menjual daging beku, gula pasir dan minyak goreng dalam kemasan di atas harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan pemerintah," ungkapnya.

HET minyak goreng kemasan khusus, imbuhnya, seharga Rp11.000,- per liter, gula pasir semua merk Rp12.500,- per kilogram (Kg) dan daging beku seharga Rp80.000,- per Kg. Ritel modern wajib mengikuti ketentuan ini. Jika tidak sanksinya sudah menunggu. Harus tertera harga fit.

Lukman menghimbau kepada konsumen dan masyarakat segera melaporkan jika ritel modern yang menjual 3 komoditas tertentu itu di atas HET. Di samping itu, ritel modern juga bisa melaporkan kepada Satgas Pangan yang diketuai oleh Direktur Ditreskrimsus Polda swtempat jika ditemukan kekosongan stok serta adanya praktek kartel dalam penentuan harga.

Usai melakukan sidak ke Giant Jalan Tuanku Tambusai, tim KPPU Wilayah Batam melanjutkan sidak ke gudang distributor UD Hidup Jaya di Jalan Jenderal Pekanbaru. Hingga berita ini diturunkan pengecekan kebutuhan gula pasir dan minyak curah masih berlangsung.***(son)


BERITA TERKAIT :

 

loading...

 

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang