Sabtu, 19 Nopember 2016 16:06

Inilah Penyebab Berkurangnya APBD Bengkalis 2016

Bupati Bengkalis mengungkapkan sejumlah penyebab turunnya APBD daerah itu tahun ini. Antara lain karena adanya rasioanalisasi dan berubahnya kewenangan daerah.

Riauterkini-BENGKALIS- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis merealese ada beberapa penyebab terkait berkurangnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis tahun anggaran (TA) 2016 ini.

Hal itu disampaikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin melalui Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt. Sekda) Bengkalis H. Arianto pada sidang paripurna pengesahan APBD Perubahan TA 2016, Jum’at (18/11/16) kemarin petang.

Disebutkan, berkurangnya APBD TA 2016 setelah perubahan, karena disebabkan beberapa faktor. Pertama, adanya rasionalisasi, dampak dari Pendapatan Daerah mengalami penurunan sebesar Rp216,9 miliar dari sebelumnya sebesar Rp4 triliun menjadi Rp3,789 triliun. Dangan cukup signifikan terhadap penurunan dana perimbangan yang bersumber dari bagi hasil sebesar Rp260,3 miliar.

kedua, terjadinya perubahan dan pergeseran kode rekening belanja berdasarkan urusan dan kewenangan organisasi perangkat daerah. Kemudian, ketiga, berubahnya kewenangan dan urusan yang diselenggarakan Pemkab Bengkalis TA 2016.

Pasca disahkannya APBD Perubahan 2016 tersebut oleh DPRD Bengkalis, Bupati Bengkalis Amril Mukminin juga mengintruksikan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera menyiapkan administrasi, prosedur, teknis dan langkah-langkah percepat pelaksanaan program dan kegiatan.

“Kemudian, mengingat tahun 2017 sudah berada diambang pintu, SKPD diminta segera menyiapkan RAPBD 2017,” pesan H. Arianto.***(dik)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang